Penjelasan Umum

S I M P U D A adalah Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda yang disediakan oleh Biro AAKPSI Universitas Pattimura untuk mempermudah proses pendaftaran wisuda dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen administrasi wisuda.

Tahapan dalam proses pendaftaran adalah sebagai berikut :

  1. Pendaftaran Awal
  2. Mencetak Data Registrasi dan Pembayaran
  3. Melakukan Pembayaran di Bank BNI bagi yang ada tagihan pembayaran
  4. Login Kembali Simpuda untuk melanjutkan proses pendaftaran
  5. Melakukan upload foto
  6. Mengisi borang biodata
  7. Upload dokumen
  8. Pemberkasan Dokumen di Ruangan Sub Bagian Akademik dan Evaluasi, Gedung Rektorat.

Syarat dan Ketentuan

A. Ketentuan Umum

  1. Ketentuan Umum ini mengatur tentang tata cara pendaftaran wisuda secara online menggunakan aplikasi SIMPUDA
  2. Proses pendaftaran wisuda hanya dilakukan melalui Aplikasi SIMPUDA yang dapat diakses melalui http://wisuda.unpatti.ac.id
  3. Tengat waktu pendaftaran diatur sebagai berikut :
    • Pendaftaran Wisuda = dd-mm-yyyy s/d dd-mm-yyyy. Waktu pendaftaran wisuda meliputi tahapan pendaftaran awal hingga pemberkasan dokumen.
    • Waktu Pembayaran selambat-lambatnya H+1 sejak Slip Pendaftaran Wisuda diterbitkan.
    • Waktu Pemberkasan selambat-lambatnya H+3 sejak Slip Pendaftaran Wisuda diterbitkan. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar harus menyelesaikan proses pendaftaran hingga pemberkasan dokumen paling lambat H+2 hari setelah pembayaran dilakukan
  4. Pada tahapan akhir setelah pemberkasan dokumen, pendaftar akan memperoleh Boarding Pass Wisuda yang diterbitkan oleh panitia. Boarding Pass ini digunakan untuk mengikuti kegiatan wisuda dan pengambilan ijzah / transkrip
  5. Data-data yang anda masukan pada saat melakukan pendaftaran akan digunakan untuk membuat Buku Wisuda dan Izajah, oleh karena itu kesalahan dalam memasukan data tesebut menjadi tanggung jawab pendaftar
  6. Segala data dan dokumen yang pendaftaran isikan dan berikan pada saat melakukan pendaftaran haruslah yang sebenarnya. Bila dikemudian hari ditemukan adanya pemalsuan data dan dokumen yang anda berikan, maka hal itu merupakan tanggung jawab penuh pendaftar yang bersangkutan

B. Syarat

  1. Pendaftar adalah mahasiswa Unpatti yang telah menyelesaikan studi dan telah diyudisium pada masing-masing fakultas
  2. Dokumen yang harus diuunggah / uplaod pada waktu pendaftaran online yaitu :
    • Scan Ijazah SMA/SMK/MA untuk program S1, Ijazah S1 untuk program S2, dan Ijazah S2 untuk program S3
    • Scan Foto Berwarna setengah badan berlatar belakang warna biru, menggunakan jas dan menghadap tegak lurus ke depan
    • Scan Surat Pengantar yang ditandatangani oleh Dekan
    • Scan Skripsi/Thesis/Desertasi yang telah diperbaiki dan ditandatangani lengkap oleh Panitia Ujian Sarjana dalam bentuk berkas PDF
    • Scan Transkrip Nilai dari Fakultas yang telah ditandatangani oleh Dekan
    • Scan Berita Acara Ujian Sarjana
  3. Pada saat melakukan pemberkasan, harus melengkapi dokumen-dokumen berikut ini :
    • Foto Copy Ijazah SMA/SMK/MA untuk program S1, Ijazah S1 untuk program S2, dan Ijazah S2 untuk program S3 sebanyak 2 lembar
    • Pas Foto terbaru berwarna, latar belakang biru, menggunakan jas, ukuran 6x6 sebanyak 2 lembar dan 4x6 sebanyak 4 lembar
    • Surat Pengantar yang ditandatangani oleh Dekan (Asli)
    • Skripsi/Thesis/Desertasi yang telah diperbaiki dan ditandatangani lengkap oleh Panitia Ujian Sarjana bertipe PDF dalam kemasan CD sebanyak 2 buah
    • Transkrip Nilai dari Fakultas yang ditandatangani oleh Dekan (Asli)
    • Berita Acara Ujian Sarjana (Asli)
    • Data Registrasi SIMPUDA

Petunjuk Pendaftaran

Mohon memperhatikan petunjuk pendaftaran awal di bawah ini :

  1. NIM : Diisi dengan Nomor Induk Mahasiswa masing-masing. Pastikan bahwa NIM anda terdaftar pada SISMIK Unpatti
  2. Passwrod : Isikan dengan password yang anda inginkan (minimal 6 karakter)
  3. Confirm Password : Ulangin sekali lagi Password anda
  4. Pastikan anda telah membaca Penjelasan Awal serta Syarat dan Ketentuan di atas. Ketika anda sudah melakukan pendaftaran maka panitia menganggap anda sudah membaca dan memahami Penjelasan Awal serta Syarat dan Ketentuan tersebut.

Formulir Pendaftaran Periode Agustus 2017

PENDAFTARAN SUDAH DITUTUP